Subscribe:

Pages

Kamis, 07 Juli 2011

BAHASA PEMOGRAMAN

Buku berikut hasil kompilasi penulisan Ilmiah Fitrah, Dian, Pamela, eviyanti, Satya
ni, mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Gunadarma. Meskipun hanya berupa terjemahan user manual LUA, namun saya yakin bermanfaat untuk kita. Buku bisa di download disini (pdf file)
Pendahuluan
Saat ini, banyak bahasa pemrograman yang terfokus pada bagaimana caranya membantu anda menulis program-program dengan ratusan ribu baris. Untuk itu, mereka menawarkan anda paket-paket, namespaces, sistem tipe kompleks, ribuan konstruksi, dan halaman-halaman dokumentasi untuk dipelajari.
Namun tidak pada Lua. Justru, Lua mencoba membantu anda untuk memecahkan masalah dalam ratusan baris, bahkan lebih sedikit. Untuk mencapai tujuan ini, Lua mengandalkan sifat extensibility, seperti banyak bahasa lainnya. Tidak seperti hampir semua bahasa lainnya, bagaimanapun, Lua mudah dikembangkan tidak hanya dengan software khusus yang ditulis dengan Lua, tetapi juga dengan software yang ditulis dengan bahasa lain, seperti C dan C++.
Lua dirancang, sejak awal, untuk terintegrasi dengan perangkat lunak yang ditulis dengan C dan bahasa-bahasa konvensional lain. Dualitas bahasa ini membawa banyak manfaat. Lua merupakan bahasa yang sederhana dan mudah, sebagian karena Lua tidak mencoba untuk melakukan apa yang telah dapat dilakukan bahas C, seperti kinerja yang tipis, operasi low-level, atau penghubung dengan perangkat lunak pihak ketiga. Lua mengandalkan C untuk melakukan tugas tersebut. Apa Yang Lua tawarkan adalah apa yang tidak dapat dilakukan dengan baik pada C : suatu jarak yang baik dari perangkat keras, struktur-struktur dinamis, tanpa redudansi, pengecekan yang mudah dan debugging. Untuk itu, Lua mempunyai lingkungan yang aman, manajemen memori otomatis, dan fasilitas terbaik untuk menangani string dan data jenis lain dengan ukuran yang dinamis.
Lebih dari sekedar menjadi bahasa yang dapat diperluas, Lua juga merupakan bahasa perekat (glue language). Lua mendukung pendekatan berbasis komponen pada perkermbangan software, di mana kita membuat satu aplikasi dengan merekatkan komponen-komponen prioritas tinggi yang ada. Biasanya, komponen-komponen ini ditulis dalam susunan hipunan (compiled), bahasa yang statis, seperti C atau C++; Lua merupakan perekat yang kita gunakan untuk menyusun dan menghubungkan komponen-komponen itu.
Biasanya, komponen-komponen (object) ditunjukkan lebih kongkrit, konsep low-level (seperti widgets dan struktur data) yang bukan subjek pada banyak perubahan selama perkembangan program dan yang mengambil sebagian terbesar waktu CPU dari program akhir. Lua memberi bentuk akhir dari aplikasi, yang mungkin akan mengubah selama daur hidup produk. Bagaimanapun, tidak seperti teknologi glue lainnya. Oleh karena itu kita dapat menggunakan Lua tidak hanya untuk melekatkan komponen, tetapi juga untuk mengadaptasikan dan mengatur bentuk komponen itu, atau bahkan menciptakan seluruh komponen itu.
Tentu saja, Lua bukan satu-satunya bahasa penulisan (scripting language). Terdapat bahasa-bahasa lain yang dapat digunakan dengan tujuan yang hampir sama, seperti Perl, Tcl, Ruby, Forth, and Python. Keunggulan fasilitas-fasilitas berikut menjadikan Lua jauh berbeda dari bahasa-bahasa ini; meski bahasa-bahasa lain berbagi sebagian fasilitas berikut dengan Lua, tidak ada bahasa lain yang menawarkan profile serupa:
· Extensibility: Extensibility Lua sangat menarik perhatian sehingga banyak orang menganggap Lua bukan sebagai suatu bahasa, tetapi sebagai suatu perangkat untuk membangun bahasa-bahasa domain spesifik. Lua telah dirancang untuk diperluas/diaplikasikan, pada kode Lua dan kode eksternal C. Sebagai suatu bukti dari konsep, Lua menerapkan banyak kemampuan dasarnya melalui fungsi-fungsi eksternal. Hal ini sangat mudah untuk menghubungkan Lua dengan C/C++ dan bahasa-bahasa lain, seperti Fortran, Java, Smalltalk, Ada, bahkan dengan bahasa-bahasa penulisan yang lain.
· Simplicity / Sederhana : Lua adalah bahasa yang mudah dan sederhana. Lua mempunyai sedikit konsep (namun tangguh). Kesederhanaan ini membuat Lua mudah dipelajari dan memperbesar suatu implementasi yang sederhana. Distribusinya yang lengkap (source program, manual, biner-biner lebih untuk beberapa platform) sesuai dengan floopy disk.
· Efisiensi: Lua mempunyai implementasi yang efisien. Benchmark-benchmark yang mandiri menunjukkan Lua sebagai bahasa tercepat dalam dunia bahasa penulisan (interpreted).
· Portabilitas: Ketika kita berbicara tentang portabilitas, kita tidak berbicara tentang menjalankan Lua di platform Windows dan Unix. Kita berbicara tentang menjalankan Lua di semua platform yang sudah pernah kita dengar, seperti: NextStep, OS/2, PlayStation II (Sony), Mac OS-9 dan OS X, BeOS, MS-DOS, IBM, EPOC, PalmOS, MCF5206ELITE Evaluation Board, RISC OS, dan tentu saja semua jenis Unix dan Windows. Source program untuk masing-masing platform hampir sama. Lua tidak menggunakan kumpulan kondisi untuk menyesuaikan kodenya kepada mesin-mesin yang berbeda; sebagai gantinya, Lua mengikuti standar ANSI ( ISO) C. Dengan cara itu, biasanya anda tidak perlu menyesuaikan pada suatu lingkungan baru: Jika anda mempunyai satu compiler ANSI C, anda hanya harus meng-kompile Lua, out of box.
Bagian kehandalan Lua terletak pada pustakanya (library). Salah satu dari kekuatan utama Lua yaitu sifat ekstensibilitas pada tipe barunya dan fungsi-fungsinya. Banyak fitur yang berperan dalam kehandalan ini. Pengetikan dinamis mengizinkan tingkat polimorfisme. Manajemen memori otomatis menyederhanakan penghubungan, karena tidak perlu memutuskan siapa yang bertanggung jawab atas alokasi dan dealokasi memori, atau bagaimana caranya menangani overflows. Fungsi-fungsi penugasan yang tinggi (Higher-order) dan fungsi-fungsi tanpa nama mengizinkan suatu prioritas tinggi parametrisasi, pembuatan fungsi-fungsi lebih serbaguna. Lua hadir dengan suatu set kecil pustaka standar. Saat menginstall Lua pada lingkungan dengan kapasitas terbatas, seperti processor, mungkin harus lebih hati-hati untuk memilih pustaka yang dibutuhkan. Lebih dari itu, jika keterbatasan sangan besar, dengan mudah dapat masuk pada pustaka source program dan memilih satu-persatu fungsi-fungsi mana saja yang harus tetap disimpan. Ingat, bagaimanapun, Lua lebih sederhana (bahkan dengan semua standar pustaka) dan dalam kebanyakan sistim anda dapat menggunakan keseluruhan paket tanpa kawatir.

0 komentar:

Posting Komentar