Subscribe:

Pages

Senin, 04 Juli 2011

PENGERTIAN EKONOMI



PENGERTIAN EKONOMI 

Sebuah dunia dimana tidak ada satupun yang harus dikerjakan, semua waktu adalah waktu luang, dimana tidak terdapat kelangkaan dan alam memberikan pelayanan yang terbaik secara cuma – cuma kepada manusia seperti apa yang diharapkan untuk menjadi sebuah dunia impian. Tapi ini bukanlah dunia dimana kita tinggal.
Manusia harus bekerja untuk tetap bertahan hidup. Alam menyediakan berbagai macam sumber daya untuk dikelola seperti : barang tambang, bahan mineral, air, udara, sinar matahari, binatang dan tumbuhan. Akan tetapi, seseorang harus menggunakan sebagian waktunya untuk bisa mengolah sumber daya tersebut menjadi sesuatu barang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia harus memiliki makanan, pakaian, tempat tinggal, perabotan, obat – obatan, dan barang lainya yang bisa digunakan untuk membuat hidup sesesorang menjadi lebih nyaman.
Akan tetapi, meskipun kita sudah meluangkan waktu kita, kita tetap saja belum bisa menghasilkan barang – barang yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan kita. Jutaan manusia kekurangan makanan, pakaian dan tempat tinggal. Kondisi kesehatan yang buruk dan selalu menderita kelaparan. Jutaan manusia lainya hanya cukup sekedar mempertahankan kesehatan dan kondisi kebugaranya saja. Seringkali seseorang yang memiliki harta berlebihpun masih merasa banyak kebutuhan yang belum terpenuhi : Mereka menginginkan lebih banyak waktu luang, pakaian yang lebih baik, rumah mewah, mobil yang banyak, pergi berlibur, membaca buku, mendengarkan musik, bermain dan masih banyak lainya. Kenyataanya kita masih hidup di dunia yang penuh kelangkaan.
Ini tidak hanya sekedar pesan sosial semata, akan tetapi seperti inilah kelangkaan, kelangkaan selalu ada dan tidak ada alasan untuk percaya kalau suatu saat kelangkaan tersebut akan hilang dimasa yang akan datang. Produktivitas sistem ekonomi semakin berkembang dari waktu ke waktu, tetapi kebutuhan manusia akan mungkin meningkat sangat cepat, jadi kelangkaan itu akan tetap ada.

0 komentar:

Posting Komentar